Neraca Pembayaran



Neraca pembayaran adalah catatan transaksi ekonomi Internasional secara komprehensif yang mencakup perdaganan, keuangan dan moneter antar warga suatu negara dengan warga negara lainnya selama suatu periode waktu tertentu. Neraca pembayaran pada hakikatnya digunakan negara sebagai suatu sistem dalam mengukur kinerja negera tersebut.

Tujuan dari neraca pembayaran Internasional sendiri adalah sebagai bahan pertimbangan bagi pemerintah dalam mengamil keputusan dalam bidang ekonomi seperti ekspor import dan lain sebagainya. selain itu juga berfugsi sebagai pertimbangan pemerintah dalam mengambil kebijakan moneter dan fiskal serta sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan bidang politik perdagagan Internasional.

Neraca pembayaran dapat mengalami defisit yang dapat disebabkan oleh banyak faktor dalam negara terkait seperti terjadinya penurunan produksi Bahan Bakar Minyak dan lain sebagainya.

Defisit neraca pembayaran dipengaruhi oleh nilai mata uang pula. Dimana ketika nilai mata uang negara terkait mengalami pelemahan atau penurunan nilai, hal tersebut akan berpengaruh pula pada kegiatan eksport-import negara tersebut. Dimana tingkat import barang yang terjadi akan mengalami peningkatan karena haraga barang yang lebih murah dan tingkat eksport mengalami penurunan karena biaya produksi yang mahal. Hal ini dapat memicu penurunan pendapatan nasional negara terkait dan pada akhirnya menyeabkan defisit neraa pembayaran. Sehingga menjaga agar nilai ekspor lebih tinggi daripada nilai import sungguh dibutuhkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGARUH E-COMMERCE TERRHADAP MASYARAKAT

Potensi Daerahku