Dilema Pembangunan & Lingkungan




Antara pelaksanaan pembangunan dan pelestarian lingkungan terkadang menjadi suatu dilema yang cukup membingungkan. Karena kedua hal tersebut terkadang seperti 2 sisis koin yang tidak dapat dipisahkan, dan terkadang dapat saling merugikan satu dengan yang lainnya apabila tidak melakukan keputusan yang optimal antara memilih pembangunan atau menjaga keberlangsungan lingkungan. Pembangunan yang saya maksud disini adalah pembangunan secara fisik yang secara langsung dapat memberi dampak terhadap lingkungan seperti pembagunan infrastruktur seperti pabrik dan lain sebagainya.


Menjaga kelestarian lingkungan merupakan suatu kewajiban setiap mahkluk hidup terutama manusia. Karena menjaga kelestarian alam sama dengan menjaga kelangsungan seluruh entitas mahkluk hidup yang ada dan bukan hanya manusia saja. Karena jika alam mengalami kerusakan maka secara otomatis kelangsungan hidup manusia  dan seluruh mahkluk hidup lainnya juga akan terganggu. Dan pelaksanaan pembangunan juga tidak kalah pentingnya karena pembangunan sangat dibutuhkan terutama bagi negara berkembang seperti Indonesia selain demi meningkatkan perekonomiannya juga demi meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat negara itu sendiri.


Oleh sebab itu, jalan yang terbaik dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah melakukan  pembangunan yang berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup. Artinya adalah melakukan pembangunan dengan tetap memperhatikan efek pembangunan tersebut terhadap lingkungan sekitarnya dan berusaha mengurangi dampak yang mungkin terjadi oleh pembagunan yang akan dilakukan tersebut seminimal mungkin. Sehingga dapat memberikan hasil yang optimal bagi kesejahteraan manusia dan lingkungan. Karena jika alam rusak maka hasil dari pembangunan yang dilakukan adalah hasil yang bersifat yang bersifat semu dan sementara, karena tidak dapat dipertahankan kelangsungannya. Karena kerusakan alam berarti akhir bagi segala mahkluk hidup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGARUH E-COMMERCE TERRHADAP MASYARAKAT

Potensi Daerahku

Neraca Pembayaran