PENGARUH E-COMMERCE TERRHADAP MASYARAKAT
Perkembangan
teknologi tidak dapat dibendung karena teknologi berkembang setiap saat seiring
dengan berkembangnya zaman. Perkembangan teknologi tidak lain adalah demi
menunjang kebutuhan-kebutuhan manusia yang semakin kompleks. Tetapi perkembangan
teknologi ini bukannya membawa dampak positf tetapi juga membawa dampak negatif
terhadap perilaku masyarakat secara ekonomi maupun sosial budaya.
Salah
satu dampak positif perkembangan teknologi terhadap perkembangan ekonomi adalah
pertumbuhan ekonomi akan semakin cepat sehingga akan mempercepat proses
industrialisasi yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas industri. Selain
itu dengan perkembangan teknologi tesebut tercipta suatu peluang baru dalam
bisnis yang sering disebut dengan e-commerce
atau disebut pula sebagai perdagangan secara elektronik sehingga
menciptakan jaringan produsen, distributor dan konsumen yang baru. Disatu sisi
perdagangan elektronik ini menjadi peluang tersendiri bagi beberapa masyarakat
demi meningkatkan kesejahteraan hidupnya dan tidak dapat dipungkiri bahwa
banyak masyarakat yang terbantu perekonomiannya dengan adanya sektor perdaganan
elektronik ini. Dan selain itu perkembangan perdagangan e-commerce ini juga membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan
hidupnya karena pola hidup masyrakat saat ini cenderung lebih memilih segala
sesuatu yang serba cepat dan simple. Hal
ini disebabkan karena tingkat mobilitas masyarakat yang tinggi sehingga
masyarakat membutuhkan segala sesuatu yang serba cepat untuk menopang mobilitas
mereka tersebut. Terutama masyarakat di negara-negara maju khususnya di
kota-kota metropolitan seperti Jakrta dan lain sebagainya.
Segala
sesuatu yang baik pasti punya hal buruk pula, karena tidak ada yang sempurna.
Hal ini terjadi pula pada perdagangan elektronik ini. Selain memberika
dampak-dampak postif, e-commerce juga memberikan dampak-dampak yang negatif
terhadap perilaku masyarakat secara ekonomi maupun sosial. Salah satu dampak
negatif e-commerce adalah terciptanya
kesenjangan-kesenjangan sosial diantara masyarakat, dimana masyarakat yang
tidak mampu memanfaatkan peluang dalam e-commerce
ini cenderung tidak suka dan menolak masyarakat yang mampu memanfaatkan peluang-peluang
yang ada dalam e-commerce tersebut. Contohnya
adalah peseteruan antara para penyedia jasa transportasi berbasis internet
dengan yang konvensional. Hingga saat ini kesenjangan dan perselisihan diantara keduanya masih ada dan
masih berlanjut, hal ini terjadi karena terciptanya pola persaingan yang tajam
daiantara kedau belah pihak penyedia jasa transportasi tersbut. Kesenjangan yang
terjadi ini bukan saja berdampak terhadap kedua belah pihak tersebut tetapi
berdampak pula terhadap para konsumen dan masyarakat dan bahkan berpotensi
menggangu kestabilan politik negara karena pemerintah dituntut oleh masyarakat
untuk menyelesaikan konflik tersebut.
Selain itu perkembangan e-commerce ini juga merubah pola hidup masyarakat menjadi lebih
konsumtif sehingga menciptakan perilaku masyarakat yang hedonisme yang artinya
masyarakat cenderung lebih mengejar kenikmatan daripada kebahagiaan. Terutama pada generasi-generasi muda dunia
saat ini dimana tedapat kecenderungan untuk hidup dalam kemewahan tanpa perlu
ada usaha atau kerja keras. Itulah sebabnya banyak terjadi
pergeseran-pergeseran moral dimasyarakat diseluruh dunia, kriminalitas juga meningkat,
hal ini terjadi karena beberapa masyarakat ingin memenuhi tuntutan hidup
tersebut.
Sehingga kita sebagai generasi muda dunia harus mampu memanfaatkan peluang-peluang atau good side dari perkembangan tenologi tersebut sehingga kesejahteraan masyarakat sejatinya akan tercipta. Dan mencoba mengurangi negative effect dari perkembangan teknologi.
Komentar
Posting Komentar